Menu Sarapan & Dianjurkan Untuk Penderita Asam Lambung

menu sarapan dan dianjurkan konsumsi bagi penderita asam lambung

Selain mengkonsumsi obat asam lambung, ada beberapa jenis makanan juga yang sangat disarankan konsumsi untuk penderita asam lambung. Khususnya pada sarapan pagi, sebaiknya jangan dilewatkan, karena kondisi lambung sudah kosong kurang lebih 8 jam ketika sedang tidur dimalam hari. Apabila dipagi hari tidak melakukan sarapan terlebih dulu, resiko besar lambung akan cepat rusak, disebabkan terkikis oleh cairan lambung yang terus diproduksi.

Pola Sarapan Pagi Yang Tepat

Selain Bubur sebagai pola sarapan pagi penderita asam lambung, anda juga dapat mengkonsumsi nasi merah yang dilengkapi dengan capcay dan omelet telor untuk penyelera nafsu makan, namun pada omelet sebaiknya jangan ditambahkan lada atau bumbu rempah lainnya. Karena lada dan bumbu rempah tersebut bisa mengakibatkan reaksi lambung secara berlebih.

Bagi Yang Terbiasa Minum kopi di pagi hari, sebaiknya hindari dulu, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi roti gandum atau kue kaya serat bersama teh hangat.

Jika ingin mengonsumsi buah-buahan, buah yang paling tepat adalah pisang. Pisang merupakan makanan yang mengadung banyak kalium dan potasium. Kalium didalam pisang berfungsi untuk menyeimbangkan PH (derajat keasaman) didalam lambung. Tapi, jika ketika pertama kali mengonsumsi pisang Anda merasakan perut tidak nyaman, sebaiknya segera hentikan untuk mengonsumsi buah pisang tersebut.

Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Asam Lambung

Berikut Ini Adalah Daftar Menu Makanan Yang sangat dianjurkan konsumsi bagi penderita gerd atau asam lambung, diantaranya :

1. Jus wortel telah dipercaya memiliki kandungan alkali alami yang mampu membantu dan menetralkan asam lambung. Kandungan serat yang tinggi didalam wortel juga berkhasiat untuk mengatasi sembelit atau masalah pencernaan. Dan kandungan vitamin A dalam wortel memiliki fungsi untuk mengurangi resiko kanker perut. Jika Anda mengonsumsi jus wortel dengan teratur, makan Anda telah menjaga atau membersihkan perut dari virus dan bakteri serta dapat memperlicin usus. Sehingga apa yang Anda konsumsi dapat dicerna dengan baik dan sempurna.

2. Jahe memang sudah menjadi resep pengobatan tradisional dari dulu hingga sekarang. Olahan jahe yang biasa kita kenal dengan sebutan wedang jahe ternyata memiliki kandungan zat aktif bernama senyawa fenol, minyak zingiberene, arcuurcumene serta zat lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh serta kesehatan lambung. juga mampu melindungi garis lambung yang disebut sebagai gastric mucosa.

3. Kunyit juga sudah menjadi ramuan tradisional sejak zaman dahulu. Kunyit telah dipercaya mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak seperti otak, pankreas dan lambung. Anda dapat menggunakan kunyit dengan anjuran sebesar seujung jari telunjuk yang di parut lalu diperas dan diambil sarinya dicampur dengan air hangat. Anda bisa menambahkan gula aren sebagai penambah selera.

4. Melon Mungkin Anda kaget jika buah melon ternyata memiliki khasiat baik untuk kesehatan lambung. Bukan hanya baik untuk kesehatan lambung, tetapi melon juga mampu menghambat efek penuaan pada tubuh.

5. Daging harus tanpa lemak Seperti Dada ayam tanpa kulit, Daging sapi yang ramping Dan ikan.

6. Buah dan Sayuran Tanpa kandungan asam Seperti apel, pisang, stroberi, kentang panggang, Brokoli, Kubis, kacang polong, kacang hijau Dan Produk susu dan keju rendah lemak masih bisa juga anda konsumsi.

7. Makanan Biji-bijian Semacam sereal gandum, outmeal Dan beras merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung, selain itu bisa juga sebagai penambah energi tubuh anda karena kandungan yang kaya akan karbohidrat.

Demikian Itulah Menu Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Asam Lambung. semoga apa yang telah admin alsehat uraikan diatas dapat memberikan manfaat.

(2 votes, out of 5.00 bestrate 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *