Menu Sarapan Dan Yang Dianjurkan Penderita Sakit Maag

Menu Sarapan Dan Yang Dianjurkan Penderita Sakit Maag

Menu Sarapan Dan Yang Dianjurkan Penderita Sakit Maag baik itu berupa makanan, buah-buahan maupun sayuran. Pada prinsipnya lambung orang yang menderita maag sedang tidak normal dan luka sehingga makanan yang masuk akan membuat mual, mulas dan sakit melilit. sehingga memilih menu makanan yang tepat merupakan pengetahuan penting.

Menu Sarapan Untuk Penderita Sakit Maag

Menu Sarapan pagi yang tepat untuk penderita sakit maag biasanya adalah bubur dan jenis makanan lunak lainnya. Padahal, kriteria menu sarapan tidak hanya bubur yang dinilai aman. ungkapan Kurniasih Ageng Pratiwi, S.Gz, Nutrisionis, Vivafit Fitness Center, Jakarta.

Khusus penderita maag tidak dianjurkan melewatkan waktu sarapan karena lambung sudah kosong kurang lebih 8 jam sejak malam hari. Bila tidak makan, akan meningkatkan produksi asam lambung. Sebaiknya pilih makanan yang tidak banyak diolah menggunakan minyak dan santan serta hindari yang mengandung gas,” ujar perempuan lulusan STIKes Binawan Jurusan Gizi tersebut.

Nia menambahkan bahwa penderita maag bisa mengganti sarapan bubur ayam dengan nasi merah yang dilengkapi capcay dan omelet telur tanpa tambahan lada atau bumbu rempah lainnya. Pasalnya, lada dan bumbu rempah lain bisa memicu reaksi lambung secara berlebihan. Selain itu tetap hindari olahan nasi uduk dan mie goreng.

Lebih lanjut, penderita maag tidak disarankan minum kopi pada pagi hari karena mengandung kafein. Sebagai alternatifnya makanan camilan seperti roti gandum atau kue kaya serat bersama teh hangat untuk mengawali hari.

Anjuran Makanan, Buah Dan Sayuran Sakit Maag

Adapun Menu Anjuran Makanan, Buah-Buahan Serta Sayuran Yang Sangat Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Maag Antara Lain :

1. Buah Pisang
Jenis buah yang satu ini kaya akan kalium dan potasium. Kalium berfungsi menyeimbangkan PH (derajat keasaman) di dalam lambung. Sedangkan, potassium bisa menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres. sehingga dapat memberikan rasa kenyang.

2. Sayuran Kol
mengandung asam amino glutamin untuk meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu perlindungan pada lapisan mukosa lambung serta mengobati luka pada saluran pencernaan.

3. Bubur
Begitu sakit maag kronis, makanan lunak seperti bubur amat berguna untuk memperinganka rasa sakit. Bubur bisa ditambahkan dengan telur rebus, telur setengah matang, dengan bumbu kecap asing ditambah kerupuk.

4. Madu
yang memiliki banyak khasiat pengobatan, salah satunya bagi penderita penyakit yang berkaitan dengan masalah lambung yaitu maag, madu dapat mematikan kuman Helicobacter pylori yang terdapat di dalam lambung.

5. Buah Melon
sama Seperti halnya pisang, buah melon mengandung zat kalium yang bisa mengatur keseimbangan asam lambung secara tepat.

6. Kentang Rebus
Kentang yang direbus bersifat alkali, Selain dapat menetralisir asam lambung, Kentang juga sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang dalam perut. ketang ini bisa dibuat menjadi bubur maupun jus.

7. Buah Pepaya
Dalam buah ini terdapat kandungan asam asetat dan asam askorbat yang cukup efektif dalam melapisi luka pada lambung akibat maag.

— Kunjungi dan baca juga obat tradisional untuk mengobati maag.

Cara paling baik untuk mengontrol semakin parahnya penyakit ini ialah dengan memilih mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. demikianlah ulasan lengkap tentang Menu Sarapan Dan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Sakit Maag. semoga dapat memberikan manfaat bagi anda.

(1 votes, out of 5.00 bestrate 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *