Mencegah Kista Ovarium Sejak Dini Dan Tumbuh Kembali

penyakit kista ovarium

Cara Mencegah Kista Ovarium – khusus kepada wanita wajib mengenal lebih datail mengai tips ini. dewasa ini pertumbuhan kista ovarium di kalangan masyarakat indonesia semakin meningkat. Berdasarkan survei demografi kesehatan Indonesia angka kejadian kista ovarium di Indonesia mencapai 37,2% dan paling sering terdapat pada wanita berusia antara 20-50 tahun, dan jarang sekali pada masa pubertas.

Di Indonesia kista ovarium menduduki urutan ke enam terbahaya dari gangguan sistem reproduksi pada wanita setelah karsinoun serviks uteri, payudara, kolorektal, penyakit kulit dan lomfoma. Resiko yang paling ditakuti kista ovarium, yaitu mengalami degenerasi, genanasan disamping itu bisa di alami toksi atau terputir sehingga menimbulkan nyeri akut, perdarahan atau infeksi. Sehingga kista ovarium memerlukan penangganan yang profesional dan multidisplin.

Dari data diatas begitu tingginya angka wanita indonesia yang kurang begitu memahami cara pencegahan kista ovarium sejak dini maupun agar tidak tumbuh kembali.

Jadi Inilah Cara Mencegah Penyakit Kista Sejak Dini :

  • Kurangi makanan yang berkadar lemak tinggi – Konsumsi lemak dalam kuantitas yang besar akan mampu menyebabkan gangguan hormon dan meningkatkan hormon cotisol. Hormon cotisol adalah hormon penyebab stress. Untuk itu sebisa mungkin jauhi asupan lemak berlebih.
  • Konsumsi lebih banyak sayur dan buah – Sayur dan buah sangat penting bagi tubuh karena sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Mampu membuat anda meningkatkan stamina tubuh Selain itu juga dapat menetralisir bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh anda.
  • Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan – Makanan dengan kandungan antioksidan akan melawan radikal bebas. Penyakit kista juga di sebabkan oleh radikal bebas dihasilkan karena polusi, debu dan bahan kimia lainnya.
  • Menjaga pola hidup sehat – Menjaga pola hidup sehat yang perlu anda lakukan mulai saat ini. hindari asupan makanan yang dapat merusak tubuh dan mulai dari sekarang rajinlah berolahraga karena dengan rajin berolahraga badan kita akan terbebas dari yang namanya penyakit.
  • Riwayat kista¬† – Anda perlu mengetahui garis keturunan atau faktor genetik keluarga anda, apakah salah satu dari anggota keluarga anda ada yang pernah mengalami kista atau tidak, jika ya, berarti peluang anda menderita kista cukup besar, namun dengan melakukan pencegahan melalui pola hidup sehat anda berpeluang kecil menderitanya
  • Konsumsi obat alami kista – Sudah banyak terbukti orang-orang yang mengkonsusmsi obat-obatan herbal alami dalam penyembuhan penyakit kista banyak yang berhasil. Anda bisa menggunakan qnc jelly gamat atau 30 gram daun dewa, 50 gram temu mangga , 5 gram daging buah mahkota dewa kemudian di rebus bersamaan dengan 800cc air hingga tersisa setengah bagian. Minum secara teratur dua kali sehari.
  • Setelah menikah, usahakan hamil segera – Bagi anda yang sudah menikah, segera mungkin mempunyai momongan untuk menghindari terjadinya pembentukan kista yang disebabkan oleh adanya frekuensi menstruasi dan aktivitas hormon. apabila anda menunda kehamilan dan saat anda hamil di takutkan saat hamil kista membahayakan rahim anda
  • Lakukan pemeriksaan medis – Pemeriksaan medis dapat berupa pemeriksaan klinis genekologik, untuk dapat melihat apakah ada gejala yang memungkinkan pembesaran ovarium . Dapat juga dengan cara pemeriksaan USG bila memang diperlukan bisa juga menggunakan alat Doppler.
  • Gunakan pil KB – Kontrasepsi oral atau pil kb ternyata mampu meminimalisir resiko seseorang terkena kista karena mampu mencegah produksi sel telur.
  • Mencegah kebersihan area kewanitaan – Beberapa kasus penyakit yang berhubungan dengan area kewanitaan. Disebabkan karena infeksi mikroorganisme yang berkembang. Pencegahan sel-sel tumor agar tidak berkembang dapat dilakukan dengan senantiasa membersihkan dan menjaga kelembapan area kewanitaan.
  • Tes darah – Tes darah tidak hanya dilakukan untuk mendeteksi penyakit yang berhubungan langsung dengan rahim seperti endometriosis, fibroid rahim, hingga kanker rahim. Juga dapat di lakukan untuk mendeteksi kista, tes darah juga dapat memberikan hasil kesehatan ovarium secara terperinci dan akurat.
  • Hindari makanan / minuman yang siap saji – Makanan dan minuman yang siap saji tidak baik untuk kesehatan tubuh karena di dalam makanan yang siap saji terlalu banyak mengandung bahan pengawet dan itu tidak baik bagi tubuh kita.
  • Istirahat secara teratur – Faktor berikut juga sangat mempengaruhi agar tubuh kita terbebas dari yang namanya penyakit karena dengan istirahat yang cukup dan tidur yang teratur tubuh kita akan kembali normal dan tidak mudah lelah.

Mencegah Kista Ovarium Tumbuh Kembali Setelah Operasi :

1. Lakukan proses detoksifikasi
Didalam tubuh banyak sekali endapan berbagai bahan kimia dan racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal ini tentunya harus segera dibersihkan dengan cara tindakan detoksifikasi / pengeluaran racun secara alami. Proses detox ini mampu mengendalikan pertumbuhan sel kista dan jaringan kanker hingga ke akar-akarnya secara cepat. Selain itu juga detox mampu meningkatkan imunitas tubuh agar organ didalam tubuh bekerja secara optimal.

2. Menstabilkan Hormon Tubuh
Kestabilan hormon dalam tubuh sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Seiring dengan bertambahnya usia maka hormon dalam tubuh juga akan ikut menurun alias tidak stabil sehingga diperlukan adanya asupan penunjang agar hormon bisa kembali stabil. Selain itu juga hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan reproduksi.

3. Menerapkan pola hidup sehat
Seseorang yang telah memiliki riwayat kista sebaiknya untuk selalu jaga pola hidup sehat mulai dari makanan, minuman, olahraga hingga kebersihan organ kelamin. Hal ini bertujuan agar kista tidak tumbuh kembali dan juga akan meningkatkan kesehatan tubuh.

Demikian Itulah Tips Yang Paling Tepat Dalam Mencegah Kista Ovarium Sejak Dini Dan Tumbuh Kembali. selain diatas sebenarnya masih ada jenis makanan yang dilarang konsumsi supaya kista tidak tumbuh kembali, tapi pembahasannya pada artikel baru yang akan datang. kami ucapkan terima kasih banyak telah menyempatkan untuk mampir.

(1 votes, out of 5.00 bestrate 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *