Inilah Anjuran Dan Pantangan Bagi Penderita Polip Hidung

Menderita polip hidung selain disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang tepat, anda juga mesti memperhatikan jenis asupan makanan yang hendak masuk kedalam tubuh. selain dapat menyehatkan ternyata dapat memperburuk kondisi penyakit polip hidung yang sedang di alami. Anjuran Dan Pantangan Bagi Penderita Polip Hidung

Baiklah sebelum memulai pembahasan ini, kami ingin sedikit mengingat bahwa pada kesempatan yang lalu kami sudah menjelaskan penyebab munculnya polip hidung.

Makanan Anjuran Penderita Polip Hidung, Diantaranya :

Makanan yang mengandung Quercetin
Quercetin merupakan salah satu flavonoid yang paling melimpah di alam dan sangat cocok untuk menangkal radikal bebas. Selain itu flavonoid bersifat sebagai zat antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai serangan parasit. Anda bisa mendapatkan asupan quercetin melalui beberapa makanan seperti : caper, kunyit, bawang merah , apel, brokoli , anggur merah, ceri, jeruk, teh, anggur merah, dan banyak buah, termasuk raspberry, lingonberry , dan cranberry.

Meningkatkan asupan omega-3 dan Mengurangi omega-6
Asam lemak omega-6 yang dianggap asam lemak esensial (EFA), dan jumlah tertentu diperlukan untuk mempertahankan berfungsinya tubuh manusia.

Ikan Omega-3 dalam ikan salmon memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Namun, jumlah yang berlebihan dari lemak ini bisa berbahaya bagi orang rentan terhadap polip. Kelebihan omega-6 asam lemak dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dengan menghasilkan zat seperti prostaglandin inflamasi. Asam lemak omega-3, di sisi lain, memiliki efek anti-inflamasi.

Untuk menstabilkan kesehatan tubuh, Cukup dengan mengkonsumsi minyak nabati kurang halus seperti minyak jagung dan minyak safflower yang tinggi omega-6 asam lemak dan mengkonsumsi lemak lebih tinggi omega-3 asam lemak (misalnya biji rami, kenari, kedelai, dan ikan air dingin seperti salmon, cod, dan halibut) dapat membantu mempercepat penyembuhan polip hidung.

Makanan yang mengandung tinggi vitamin A dan Betacaroten
Vitamin A membantu melindungi lapisan membran dari sinus . Selain itu, antioksidan kuat yang dapat memerangi peradangan kronis. Beta-karoten, yang ditemukan kuning / oranye dan sayuran hijau dan buah-buahan seperti bayam, wortel, ubi jalar, labu musim dingin, mangga, melon dan aprikot, juga memainkan peran penting dalam memerangi polip hidung karena anti-oksidan sifat serta perannya sebagai prekursor vitamin A.

Makanan yang mengandung vitamin C dan E
Molekul oksigen aktif yang dikenal sebagai radikal bebas, telah dikaitkan dengan kerusakan jaringan di polip hidung. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Studi juga menunjukkan kadar tinggi vitamin C membantu mengurangi pelepasan histamin dalam tubuh dan membuat histamin memecah lebih cepat . Histamin, zat kimia yang diproduksi oleh tubuh, terlibat dalam banyak reaksi alergi dan dapat meningkatkan peradangan. Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu dengan polip hidung. Vitamin C dan vitamin E melindungi satu sama lain dan lebih efektif bila dikonsumsi bersama-sama.

Selanjutnya Pantangan Makanan Khusus Bagi Penderita Polip Hidung :

Makanan Laut
seperti cumi-cumi, udang, ikan asin, lobster, dsb. Karena makanan laut ini bisa memicu timbulnya penyakit polip yang disebabkan karena alergi terhadap makanan laut.

Makanan Dan Minuman Yang Bersifat Dingin
misalnya ice cream atau minuman yang mengandung es. Karena makanan dan minuman yang bersifat dingin ini juga bisa memicu munculnya penyakit polip pada rongga mukosa.

Makanan Yang Mengandung Bahan Pengawet
seperti mie instan, dan makanan kalengan. Karena makanan yang mengandung bahan pengawet itu sudah terkontraminasi dengan bahan kimia yang sebenarnya memang sangat bahaya bagi tubuh. Apalagi jika dikonsumsi oleh penderita penyakit polip.

Makanan Yang Mengandung Alkohol
Kandungan alkohol itu sebenarnya tidak selalu ditujukan pada minuman-minuman keras, bahkan ada buah-buahan seperti durian, anggur, lengkeng, duku, dan nanas juga termasuk kedalamnya.

Makanan Yang Mengandung Lemak Dan Kolesterol Tinggi
Makanan tersebut misalnya, daging mentah, goreng-gorengan, dan daging kambing. Makanan yang seperti inilah yang menjadi pemicu pertumbuhan penyakit polip semakin mudah.

Itu dia penjelasan lengkap tentang Anjuran Dan Pantangan Makanan Bagi Penderita Polip Hidung yang sebaiknya diperhatikan. semoga menjadi sumber utama anda dalam menjalani proses terapi penyembuhan yang tepat, terutama jika sedang menderita polip hidung.

(1 votes, out of 5.00 bestrate 5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *